“Teknologi Tercanggih di Dunia”

Share on :

Minggu, 25 Maret 2012


“Teknologi Tercanggih di Dunia”

21 April 2010 pukul 14:42 ·
Setujukan Anda, manusia adalah "Teknologi Tercanggih di Dunia ini ?...
Manusia kini semakin berkompetisi menciptakan peralatan guna membantu kehidupan mereka selama di dunia. Berbagai riset atau penelitian ilmu pengetahuan dilakukan sesuai dengan perkembangan dan kemajuan ilmu sains dan teknologi. Terbukti dengan hasil penelitian tersebut menghasilkan karya-karya monumental di berbagai bidang kehidupan. Bisa kita lihat karya-karya para ilmuan dari zaman ke zaman. Bolham (Lampu Pijar)
Thomas Alfa Edison telah menemukan listrik. Alexander Grahambell menemukan Bell. James Wath terkenal dengan mesin Uapnya yang kemudian dikembangkan menjadi mobil. Masih banyak lagi penemuan-penemuan dari para ilmuan yang karyanya sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Namun kita di sini tidak akan membicarakan secara panjang lebar seputar karya-karya mereka, bagaimana mereka bisa menghasilkan karya-karya tersebut, mengapa mereka mendedikasikan hidupnya untuk penemuan bertarap dunia itu. Untuk keterangan lebih detail, Anda bisa mencarinya sendiri di beberapa sumber buku-buku, atau situs-situs saint dan penemuan teknologi. Atau referensi apa saja yang menjelaskan seputar sejarah & perkembangan teknologi.

Manusia dan Teknologi

Masyarakat dunia merasa bangga dengan keberhasilan para ilmuan tersebut. Sebagian besar mereka dinobatkan sebagai penemu teknologi. Nama mereka tercatat dalam sejarah perkembangan saint & teknologi peradaban manusia. Namun ada pula di antara mereka yg tidak mempublikasikan karyanya sehingga nama mereka kurang dikenali hingga akhir hidupnya.
Robot AsimoGenerasi Asimo, dari Honda yang dijuluki sebagai Perusahaan Teknologi Raksasa di Jepang.Kemajuan kecerdasan Asimo.
Bicara seputar manusia & teknologi sangatlah erat kaitannya. Sebab, manusia sebagai kreator dari teknologi itu sendiri. Tanpa ide kreatif, inovasi , kesungguhan & dedikasi yang tinggi bagi perkembangan ilmu pengetahuan maka tak akan ada teknologi. Manusia mampu menciptakan kecerdasan buatan seperti komputer, indera buatan seperti kamera foto & video, sound sisytem, microphone dll kemudian dikembangkan menjadi produk-produk media elektronik yang digunakan utk informasi, komunikasi, edukasi & hiburan (intertainment) dll seperti Radio, Tape Recorder, Televisi, DVD, Telephone, Handphone, Internet, Blackberry dll. Demikian pula inovasi yang terjadi di dunia otomotif & transportasi. Berbagai model, desain canggih diciptakan. Mobil, Motor, Kereta api, Kapal laut, Pesawat terbang dll sangat memudahkan kehidupan manusia. Bahkan penggabungan beberapa sarana teknologi seperti teknologi telekomunikasi & transportasi tersebut menghasilkan teknologi termutahir sehingga mengantarkan manusia menjelajah ke angkasa luar.Peluncuran pertama Apollo 11Neil Armstrong, manusia pertama kali menginjakkan kakinya ke bulan.Neil Armstrong

Manusia berpikir canggih

Bertahun-tahun manusia mempelajari alam semesta ini. Manusia meyakini kemampuan ilmu pengetahuan yang mereka kuasai dapat membawa mereka pada kebahagiaan hidup. Benarkah demikian ?...,mari kita kaji. Kemajuan peradaban kehidupan manusia saat ini sebagai bukti bahwa manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna. Tapi, apakah manusia sadar akan dirinya sebagai makhluk Tuhan ?... Sementara ilmu pengetahuan yang mereka miliki membuat mereka sombong & angkuh. Bahkan ada manusia yang merasa dirinya sebagai Tuhan. Manusia ini ingin bebas dari tata aturan / hukum Tuhan. Ia menciptakan teknologi hanya utk kesenangan & keuntungan pribadinya bukan utk kebahagiaan hidup orang banyak. Penciptaan teknologi nuklir dan persenjataan perang lainnya digunakan utk menghancurkan & membinasakan manusia lain. Apakah teknologinya yang mesti disalahkan ?...sedangkan ilmu pengetahuan yang menghasilkan teknologi itu bersifat netral.
Sangat berbeda ketika manusia mampu memahami dirinya sebagai makhluk Tuhan. Ia tahu diri, ilmu pengetahuan yang dikuasai bukan untuk menguasai dunia demi kepentingan pribadi. Semangat mengkaji, mendalami ilmu muncul dari nuraninya agar bisa bermanfaat bagi kebaikan & kesejahteraan umat manusia. Bahkan riset demi riset yang dilakukan lebih menambah keyakinan & kedekatannya kepada Tuhan. Inilah tipe manusia yang mampu menggunakan & memformulasikan akal, hati & tindakannya secara sadar serta bertanggungjawab. Inilah manusia yang bisa berpikir canggih melebihi canggihnya teknologi yg ia ciptakan.

Sebuah Analogi Terbatas

Secara sadar maupun tidak, setuju ataupun menolak, manusia sebenarnya “teknologi tercanggih” di dunia ini. Jika analogi ini keliru, ini bukti keterbatasan penulis. Seperti halnya manfaat dari teknologi dalam artian materi (kebendaan) dapat memudahkan manusia dalam menikmati kehidupan mereka. Dikatakan tercanggih sebab manusia itu mampu memanfaatkan segenap potensi di dlm dirinya utk menciptakan teknologi.

Mungkin masih sulit diterima, pernyataan ini memang agak aneh. Mari kita lihat perbandingannya, manusia diciptakan oleh Tuhan terdiri dari beberapa unsur. Selain memiliki tubuh biologis yang digunakan utk berinteraksi di alam materi, manusia juga dibekali dengan kecanggihan unsur psikologis (kejiwaan) & tak kalah pentingnya adalah ruh yang mampu membuat manusia hidup (sebagaimana arus listrik pada alat elektronik). Berbeda dengan teknologi yg diciptakan oleh manusia. Secanggih apapun teknologi itu masih tetap memiliki kekurangan & keterbatasan. Terutama jika energi listrik yg mengaliri peralatan itu tidak tersedia lagi atau habis. Sekalipun peralatan yg tercanggih menurut pandangan manusia itu ada, jika tdk dialiri listrik, benda-benda tersebut tak ubahnya barang pajangan saja. Keterbatasan lainnya peralatan/benda-benda teknologi mudah rusak, perlu perawatan yg rumit bahkan menghabiskan/menguras banyak waktu, pikiran, tenaga & banyak uang demi secuil peralatan canggih.
Kita adalah manusia, mari kita pelajari diri kita. Sebenarnya analogi berikut ini bertujuan untuk memudahkan kita memahami kecanggihan diri sendiri.

Roh, Jiwa, Jasad
Mari kita kaji, biar lebih mudah dipahami perhatikan formulasi berikut ini :

Roh =listrik

Jiwa = software/program (perangkat lunak)

Jasad = hardware (perangkat keras)

Saya akan mengajak anda ikut serta dlm diskusi ini. Bantu saya menemukan teori atau minimal definisi seputar "piranti-piranti" dari manusia yaitu Roh, Jiwa, Jasad. Kita mesti ada terobosan paradigma dlm mempelajari suatu ilmu. Setahu saya, "Roh, Jiwa, Jasad" merupakan istilah yg sering dibicarakan dlm displin ilmu Psikologi,agama atau gabungannya, Psikologi agama. Kadang definisi dari ilmu tsb terkesan monoton & sulit dipahami oleh kita yg memang bukan memiliki latar belakang ilmu tsb (awam). mendengar istilah Psikologi aja, terbayang di benak ini, istilah-istilah ilmiah hasil penelitian para psikolog yg bahasanya ngejelimet, rumitnya minta ampun. Maka dr itu, belajar ilmu ngapain mesti dipersulit asalkan kita punya modal rajin membaca, menelaah, membandingkan, punya daya kritis, & yg terpenting logis serta dpt dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Roh itu seperti energi listrik
Energi Listrik dari alam
Untuk mendefinisikan Roh, umumnya para agamawan sangat berhati-hati. Khawatir salah kata bisa salah tafsir & salah memahami. Banyak yg memilih menolak,atau mengaku tdk tau jika ditanya apakah Roh itu ?...mereka berpegang pada penafsiran tekstual kitab suci bahwa Roh adalah urusan Tuhan, tak perlu dipertanyakan. Bebarkah kita tak boleh tau soal Roh ? padahal ini adalah bagian dari diri kita ?...
Ya, kita mesti berpikir positif bahwa sebenarnya yg dimaksud para agamawan Roh tak boleh disamakan kajiannya dengan alam materi yg tampak karena bisa menimbulkan kebingungan penafsiran. Di dlm agama & kepercayaan masyarakat dunia yg dipengaruhi oleh media. Ruh diwujudkan sebagai seberkas cahaya, disimbolkan burung merpati putih, kabut putih dll. Inilah yg sangat dilarang oleh agamawan. Roh itu ghaib (tak terlihat oleh kasat mata) karen ia memang berada di alam imateri. Lalu apa yg mesti kita kaji/ketahui dr Roh ?...Substansi,sederhananya manfaat/fungsi, sifat yg mesti kita ketahui & yakini. Meski tak tampak ia ada, keberadaannya dpt kita rasakan. Itulah diri kita yg murni.

Mengapa Roh diidentikan dengan listrik ?...dlm hal ini kita perlu disiplin ilmu lain utk menjelaskan kecanggihan unsur manusia ini. Saking canggihnya Ruh sampai tak terlihat, tak terdeteksi oleh indera. Utk memahami Ruh, saya menggunakan pendekatan disiplin ilmu kelistrikan. Perhatikan, listrik memiliki muatan ion positif & negatif. Pernahkah anda tersengat arus listrik ? apa yg anda rasakan ?... apakah anda bisa melihat arus itu mengalir ke tubuh anda ?...Dengan energi listrik segala peralatan elektronik bisa dihidupkan & digunakan. Lampu bisa menyala dgn terang, komputer ini dpt anda gunakan, mesin-mesin bisa digerakan dll. Seperti itulah fungsi dari Roh, ia bersumber dari Tuhan yg memiliki energi menghidupkan manusia. Jika Tuhan berkehendak, Ruh dpt ditarik kembali dari dlm diri manusia. Seolah kita mematikan/meng-off-kan tombol saklar/kontak listrik.

Jika muatan listrik tdk memiliki hambatan dlm jaringan arus, maka kestabilan daya akan baik. Begitu pula Roh jika hubungannya dengan sumberny yakni Tuhan tdk memiliki hambatan, maka kestabilan Roh pada kemurnian akan terjaga. Dengan kata lain Roh selalu berada dlm kebaikan. Efek dari kestabilan ini mendorong manusia berbuat kebaikan selama di dunia. Namun jika Ruh ini tdk stabil/memiliki hambatan yg tak sesuai maka mengarahkan manusia pd hal-hal yg merusak, tak ubahnya konsleting tegangan listrik yg menimbulkan percikan api.

Jiwa itu ibarat Software

Disiplin ilmu yg cocok membahas tentang jiwa adalah Psikologi. Beragam cabang disiplin ilmu ini menjelaskan keunikan jiwa manusia. Umumnya paradigma psikologi barat hanya berkutat pada pengkajian otak & perilaku yg tampak pada manusia. Bahkan demi menjaga kode etik ilmu, para ilmuan mesti menggunakan sampel hewan tertentu yg mendekati kemiripan dari struktur biologis seperti simpanse. Lalu hasil pengujian pada hewan ini diterapkan pada manusia. Sehingga yg terjadi banyak teori-teori yg tak sesuai dgn realita kepribadian manusia. Inilah keterbatasan ilmu manusia. Namun, manusia tak patah semangat mempelajari dirinya sendiri.

Pada jiwa terdapat Hati & akal. Untuk pembahasan hati telah dijelaskan sebelumnya dlm catatan saya terdahulu. Akal/pikiran,sederhananya sejak manusia pertama (Adam) diciptakan dibekali akal utk mempelajari ilmu pengetahuan, membedakan mana yg baik & tdk, sebagai alat dlm mempertimbangkan sesuatu. Akal selalu berpikir hal yg logis/masuk akal.menjadi promotor dlm menyelidiki suatu kebenaran, membuktikan sesuatu hal yg belum jelas atau masih tersembunyi. Sedangkan Hati inilah yg mampu menyerap "energi" dari Ruh & memancarkan "gelombang kebenaran" ke diri manusia. Sehingga pengaruhnya membuat manusia memahami siapa dirinya, siapa Tuhannya. Bahkan manusia yg menyadari potensi hatinya ini, ia akan selalu peduli, perasa, tersentuh ketika manusia lain berada dlm kesulitan. Sifat hati sangat murni, tak bisa dibohongi. Ia adh alat tercanggih manusia yg berfungsi merasakan tanpa menyentuh, melihat tanpa menatap, memahami tanpa kata-kata. Hati manusia cenderung menyukai kebenaran, kebaikan, keindahan & hal-hal yg membahagiakan secara substantif dan tdk menyenangi keburukan, kerusakan, kesengsaraan. Namun manusia pula yg merusak hati itu, ia tak lagi memiliki sinyal ke arah kebaikan, karena hatinya telah di serang "virus" (nafsu duniawi). Bahkan "virus ND" ini merusak sistem pertahanan akal, sehingga ilmu untuk kepentingan dunia, memutuskan link Roh pada Tuhan. Sehingga energi listrik (keimanan yg murni dr Roh) mulai melemah bahkan redup.
Jika "virus ND" dibiarkan maka "program kebaikan" dlm diri manusia yg berasal dr Tuhan akan menjadi hank (mengalami gangguan/rusak). Sehingga hati tak lagi berfungsi ia telah dikendalikan "virus ND", bahkan yg lebih aparahnya lagi "virus ND" ini mulai merambah pada sistem "hardware tubuh". Yakni anggota tubuh akan mengikuti kemauan si "virus ND" karya Mr. Satan (Syaitan Terkutuk).

Jasad/Tubuh adalah Hardware Unik

Mengenai jasad/tubuh ini sebenarnya sudah kita bahas sebelumnya. Silakan anda lihat catatan edisi "Jelajahi Tubuh Anda". Namun kali ini, agak sedikit berbeda. Dengan sentuhan bahasa "semi-saint", kita akan "membongkar" keunikan "hardware" kita yg satu ini.

Jasad jika tanpa Roh,ibarat barang elektronik tanpa aliran listrik. Jasad adalah materi. Segala sesuatu yg bersifat material itu akan mengalami kerusakan/ memiliki batas/masa penggunaannya. Ia akan tampak awet jika kita pandai merawat, menjaga, membersihkan, jika ada sedikit kerusakan mesti segera diperbaiki. Seperti halnya jasad ini, jika anda terluka (buka catatan edisi lalu "Terluka"), menderita sakit mestilah diobati sampai sembuh. Sehingga tubuh/jasad ini bisa kita gunakan kembali utk beraktifitas.
Memang diri ini kadang lalai dlm menjaga anugerah tercanggih ini. Perut dibiarkan lapar, otak dipaksakan berpikir, badan digunakan terus utk bekerja padahal sudah terlalu lelah, butuh waktu sejenak utk istirahat.

Teknologi Brain Computer. Inovasi berkomunikasi dengan pemanfaatan gelombang otak.Pada Jasad terdapat Otak sebagai Hardware yang memunculkan gelombang-gelombang listrik pada syaraf sehingga akal berfungsi utk berpikir. Sebagaimana software pada komputer. Jasad juga dilengkapi dengan peralatan canggih lainnya yakni indera. Indera inilah yg berguna sebagai alat penerima/penangkap informasi baik dlm tubuh maupun luar tubuh. Utk lebih jlsnya, silakan anda kaji keunikan & keajaiban indera ini pada diri anda sendiri. Mata sebagai kamera perekam tercanggih yg mampu memvisualisasikan bayangan objek/benda. Telinga sebagai alat penangkap gelombang/getaran bebunyian tercanggih di dunia. Hidung menjadi alat pendeteksi tercanggih dlm hal bebauan/aroma. Lidah, daging tanpa tulang yg disertai bintik-bintik kelenjar perasa ini mampu merasakan berbagai rasa makanan. Dan kulit, selain pelindung tubuh bagian dlm, juga mampu mendeteksi suhu,ransangan, mengatur suhu tubuh. Sungguh masih banyak lagi keunikan lain dari "Hardware" kita.

Bahasa Ilmu itu Terbatas

Sekali lagi ini hanyalah analogi yg perlu dikaji ulang, dipertimbangkan agar bisa dianggap sebuah ilmu. Saya berani mengistilahkan unsur-unsur tersebut dengan mengadopsi istilah dari teknologi saat ini. Saya siap dikritik, atau dibantah jika pengistilahan ini keliru. Sebab saya bukanlah ilmuan, saya hanyalah pembelajar yg mesti terus belajar membenahi diri. Jika anda lebih menguasai khususnya dlm menjelaskan disiplin ilmu ini dengan metode/basic keilmuan anda, saya yakin andalah yg lebih layak membahas tema kajian kita kali ini. Semoga.

24 komentar on “Teknologi Tercanggih di Dunia” :

galedeg mengatakan... 11 Juli 2012 08.21

Wahhhh Keren Nie Sob infonya .... ajib dahhh infonya..

JAMBOGH KITA mengatakan... 11 Juli 2012 18.53

Luar biasa kajiannya Sob, saya suka dengan ulasannya karena saya juga senang mengaitkan perihal diri ini dengan alam...silakan singgah DI SINI jika sobat berkesempatan, terima kasih

Iril Sagita mengatakan... 11 Juli 2012 18.53

Wow, benar-banar canggih, kapan ni sampai ke indonesia !

Mahasiswa Songong mengatakan... 12 Juli 2012 03.03

berarti aku canggih donk..

Risfani Kusuma mengatakan... 12 Juli 2012 04.56

Wah , sangat bermanfaat , sukses selalu sobat .

Rulita.park mengatakan... 12 Juli 2012 05.18

wah wkwkk roh itu seperti energi listrik :D haha bener juga masbro,salam kenal :D

ZyiroyZ mengatakan... 12 Juli 2012 08.45

Teknologi terus berkembang, Menghapus kenangan ataupun perkataan orang terdahulu yang di anggap tidak mungkin atau bahkan mustahil untuk di lakukan..

:D
Nice share sob

outbound malang outbounddimalang.com mengatakan... 12 Juli 2012 22.05

Terimakasih informasi nya gan, sangat bermanfaat :)
ditunggu kunjungan baliknya yaah ,

Inovasi Anak Muda Group mengatakan... 13 Juli 2012 07.21

wah artikelnya keren gan :D teknologi emang semakin maju...

http://bukanisapanjempol.blogspot.com

Herman Salim (Ki@mhu Blog) mengatakan... 13 Juli 2012 07.54

Keren banget yaa broo.. Trims infonya.. Nice Blog.. :)

galih's_Net mengatakan... 13 Juli 2012 09.20

galedeg ; iya sob, maksih dah mau mapir..

jambogh kita : iya kapan indonesia kyak gitu yea, gempar indonesia, haha, pasti kan ku kunjungi sob, trim..

iril sagita : mungkin saya jadi presiden tahun 3000 kali, hahaha

mahasiswa songong : emm, canggih yea, canggih gmna nya, manusia memang canggih pastinya...

risfani kusuma : trimakasih kawan..

rulita : salam knal kmbali

zyiroz : yah, keren pokonya lah hehehe

outbound : ya sama2..

anak muda group : sama2 sob..

herman : trimakasih kembali..

Ehwansah Jailani mengatakan... 13 Juli 2012 18.30

wwohhhh keren banget sobat....

M. Chandra Panjinata mengatakan... 13 Juli 2012 21.09

lapor sob, follow telah selesai dilaksanakan #49, laporan selesai

galih's_Net mengatakan... 13 Juli 2012 22.36

ehwansah : iya sob, nice

candar : siap, laporan saya trima hehehe

ahmad Bj blogs mengatakan... 15 Juli 2012 00.45

gan tuker link yu,,, nih blog aq,,http://ahmadbjblogs.blogspot.com


oh ya makasih atas kunjunganya

galih's_Net mengatakan... 16 Juli 2012 06.04

iya gan ane siap..

blog mengatakan... 17 Juli 2012 18.24

Berkunjung

Shaq Derri mengatakan... 18 Juli 2012 10.34

wah...teknologiny keren sekali sob...
nice post bro

galih's_Net mengatakan... 21 Juli 2012 20.31

blog : kembali..
shaq : terimaksih ats kunjungannya..

budi os 19 mengatakan... 22 Juli 2012 05.01

Hadir berkubjung sob !

galih's_Net mengatakan... 22 Juli 2012 18.13

budy : terimaksih kembali

Leeza dayasari [santai leeza] mengatakan... 23 Juli 2012 14.38

waaaaa... hebat nyer......
kunjung balas ker sini.

galih's_Net mengatakan... 24 Juli 2012 00.33

leeza, iya sob, terimaksh, pasty kn kutuju sob..

am ka mengatakan... 2 Agustus 2012 05.26

jumpa lagi disini... salam...

Post a Comment and Don't Spam!

Terima kasih telah berkunjung, silakan tinggalkan komentar dibawah ini.

 

Followers

Tukeran Link Yukz





Statistik

Statistik Blog

Link Sahabat